26/02/2024

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Gratis Di Blogger Custom Domain

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Gratis Di Blogger Custom Domain - Ada kabar gembira bagi sobat Blogger, karena di awal tahun 2018 yang lalu Google telah memberikan SSL Gratis bagi sobat yang menggunakan platform Blogger Custom Domain.


Dimana SSL gratis ini mempunyai fungsi membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs yang berbahaya. Dan lebih sulit bagi penyerang untuk mendengarkan percakapan situs, melacak aktifitas atau mencuri aktivitas mereka.

Pengertian SSL
SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, maka akan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Mengapa menggunakan SSL?
Alasannya cukup jelas pada paragraf pertama, namun secara garis besar SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.

Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada di antara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, Username dan Password, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini untuk melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Lalu, Bagaimana Cara Mengaktifkan SSL di Blogspot Custom Domain?
Cara mengaktifkan SSL di Blog-pun sangat mudah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Dan google pun telah menyediakan SSL gratis di Blogspot, maka kita harus mengaktifkannya pada halaman Setting.

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa memperhatikan langkah-langkah setting https seperti berikut ini : Login ke “Dasboard” blogger masing-masing melalui alamat https://draft.blogger.com .

Untuk aktivasi HTTPS silahkan pilih “Setelan” > “Dasar”, untuk aktivasi HTTPS mulailah dengan memilih tombol “Ya” seperti yang ditunjukkan  gambar dibawah ini.


Setelah selesai, Silahkan tunggu beberapa menit (kurang lebih 5 menit). Dan Refresh Browser Sobat. Langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi fungsi redirect to HTTPS untuk mengarahkan pengguna ke halaman HTTPS.

Selanjutnya tombol Redirect To HTTPS (Pengalihan Https) akan terbuka, yang tadinya “Tidak” sobat ganti dengan “Ya”. Dan Sampai disini proses memasang Https di blogspot telah selesai dilakukan. Dan tunggu beberapa saat sampai Url Blog bisa optimal.

Dan untuk langkah selanjutnya, Silahkan Submit Ulang Blog sobat ke Google Search Console atau Google Webmaster Tool dengan Format.

Dari http://anaz.my.id menjadi https://anaz.my.id. Lalu verifikasi kepemilikan blog yang menggunakan versi sebelumnya baik http atau www.

Demikian artikel dari saya tentang Cara Mengaktifkan SSL (https) Gratis Di Blogger Custom Domain, Jika sobat masih belum paham tentang artikel diatas. Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Dan admin akan senang hati untuk membantu. Terima Kasih

Tags :

bm
@anaz_arblit

Hanya Seorang Blogger dan Content Writer Yang Senang Berbagi Lewat Tulisan

Posting Komentar